Kamis, 28 Juni 2012

Kelakuan Pria Sejati Ketika Mencintai Wanitanya

Ngulik lagi ya… Hehe… lirik-lirik lagunya Bryan Adams sedang menginspirasiku.^^ Kali ini bertolak dari lagunya yang berjudul Have You Ever Really Loved A Woman? Pengen sedikit membahasnya karena kan baru-baru ini membahas tentang relationship antara pria-wanita. Xixixi… sedang ingat sesuatu aja. Entahlah si penggubah lirik ini membuatnya berdasarkan ilmu relationship atau tidak, tapi memang seperti itu kata para pakar relationship sono.

Oke, lirik ini bercerita tentang sikap seorang pria ketika benar-benar mencintai seorang wanitanya. Ehem. Kita bahas satu-satu yuk!



Then when you find yourself lyin' helpless in her arms
You know you really love a woman

Bait ini mengingatkanku pada adegan Halu dan Aki dalam dorama Pride di episode 6. Ceritanya, Kimura Takuya a.k.a KimuTaku, yang memerankan tokoh Halu, mengeluarkan air matanya di dekapan Aki. Kebayang sosok Halu yang digambarkan keras kepala, (selalu berusaha) kuat, dan kadang seenaknya, bisa nangis di dekapan seorang wanita yang sebenarnya hanyalah untuk sebuah 'game' (dia belum menyadari kalau udah jatuh cinta ceritanya).




Pride ini salah satu dorama KimuTaku yang ku suka, pertama, OST plus background videonya pas banget, jadi bikin semangat aja pas liat; kedua, jadi lebih paham 'dunia pria dan ala pria' dalam menghadapi sesuatu. Intinya, sewaktu nonton, aku beberapa kali ketawa dan bergumam 'dasar cowok!', yah, begitulah para pria! Hehe… positif ya maksudnya… Kalau mau dikaitkan dengan postingan sebelumnya, kisah antara Halu dan Aki ini juga salah satu contoh cinta yang sehat dan menghebatkan.

Tidak hanya untuk para pria, wanita pun sama saja, ketika ia menganggap seseorang itu istimewa, saat sedang ada masalah, dia akan menjadi tampak lemah di depan orang yang dicintainya padahal kalau di depan orang lain, dia terkenal atau berusaha untuk selalu tegar, kuat, mandiri, dll. Wajar, karena ia merasa nyaman, ingin dikuatkan, ingin ditopang, karena sosok si pria istimewa baginya. Jadi berbangga dan berbahagialah para pria jika ini terjadi. Bukan malah menganggap si wanita cengeng. Tapi kalau berlebihan 'cengengnya' emang kudu dipertanyakan. Hehe...



When you love a woman then tell her
'cause she needs somebody to tell her

Kata Steve Harvey (yang tentunya juga seorang pria), dalam bukunya Act Like A Lady, Think Like A Man, "Jika seorang pria mencintai seorang wanita, dia akan mengakui keberadaan wanita itu, memenuhi kebutuhannya, dan melindunginya. Dan jika dia sungguh-sungguh mencintainya, pengakuan tertingginya adalah ini istri saya". Jadi inget saat ketemu teman lama zaman SMA April lalu, dan teman di UKM Pala dulu di pertengahan Juni ini, dengan bangga mereka berdua bilang, "Kenalin, ini istriku", Hmm…^^

Intinya, terkait dengan bait di atas, ketika pria sungguh-sungguh mencintai wanita itu, dia mengakuinya di depan khalayak ramai. Karena itu, beritahu para wanitamu kerana wanitamu juga ingin mengetahuinya dengan pasti dan memerlukan jaminanmu. Hehe...

Sedangkan kalau dikaitkan dengan pandangan John Gray di buku Men are from Mars, Women are from Venus, dua belas dari salah satu kebutuhan primer pria dan wanita tersirat di bait itu. Kebutuhan primer cinta, yang notabene wujud lain dari cinta, pria butuh pengakuan, sedangkan wanita butuh jaminan. Memang para pria sangat sulit untuk mengatakan 'I love you' secara verbal, mereka lebih kepada tindakan saja. Begitulah cara pria mencintai wanitanya. Dan kalaupun bilang, cukup sekali saja. (Katanya lho…). Sedangkan wanita perlu jaminan ataupun keyakinan (secara verbal) berulang bahwa dia dicintai. Begitukah?



N' when you can see your unborn children in her eyes
You know you really love a woman

Bait ini menyiratkan bahwa ketika pria (wanita juga termasuk), benar-benar mencintai seseorang, dia akan membayangkan masa depannya bersama orang yang dicintainya itu. Si dia tampak ada dalam rencana ataupun impian masa depan kita. Begitu kata pakar. Lupa aku, baca di buku mana. -maap-. Dan kali ini pun aku teringat adegan doramanya KimuTaku yang berjudul Beautiful Life, saat Shuji sang penata rambut yang diperankan KimuTaku, berdiskusi dengan Kyoko tentang rumah plus salon idamannya nanti. Dia membuat sketsa yang di dalamnya ada pojok rak buku buat Kyoko karena tahu Kyoko ahli dalam perbukuan--kan pegawai perpustakaan ceritanya. Kyoko sedikit takjub karena, buat apa? Berhubung Kyoko merasa umurnya tak kan panjang karena sakit yang dideritanya.

"Aku ada di masa depanmu?", tanya Kyoko.
"Tentu saja ada", jawab Shuji.

Begitu kalau tak salah ingat dialognya.



(Nemu nih cuplikan adeganya di youtube, di menit ke-3 s.d ke-5)



You got to give her some faith - hold her tight
She will be there for you, takin' good care of you

Dan ketika pria (wanita juga) benar-benar mencintai seseorang, dia akan percaya pada seseorang itu. Karena merasa nyaman dan aman, dia akan bercerita tentang hal yang mungkin tak akan pernah dia ceritakan pada orang lain, kelemahannyakah, katakutannyakah, ataupun hal yang memalukan, misalnya.

Dan ketika seorang wanita benar-benar mencintai seseorang, dia akan menjaga seseorang itu, sikap keibuannya keluar. Layaknya menjaga anaknya dari hal-hal yang tak baik. Malah tak jarang jauh sebelum hal itu terjadi, antisipasi maksudnya. Sikap ini jugalah yang terkadang membuat wanita dianggap 'bawel' dan 'tak mempercayai' prianya. Si pria merasa wanitanya sedang cukup menyebalkan.

Contohnya, biar nggak kelaparan selama perjalanan yang panjang dan melelahkan, si wanita bisa pesan macam-macam ke prianya, jangan lupa makan yang banyak sebelum berangkat, awas lupa bekalnya, dll. Cerewet lha intinya, yang terkadang bagi si pria, dia merasa wanitanya ini bawel sekali, dia juga merasa seperti diperlakukan kayak anak kecil, ataupun merasa kurang dipercaya bahwa dia bisa mengatasi semua hal itu tanpa bantuan si wanita. Hehehe….

Ingat saja, bahwa wanita itu pada dasarnya senang mencegah (insting wanita akan hal buruk melampaui kemampuan pria, bahkan jauh sebelum hal buruk itu terjadi. Karena itu, pria agak susah berbohong di depan wanita), dan bukannya dia tidak percaya prianya, tapi dia akan merasa bahagia dan berharga ketika bisa membantu prianya. Sedangkan bagi pria, terkadang menerima bantuan rasanya seperti dianggap tak mampu. (Jadi ingat dorama Abarenbo Mama, adegan ketika sahabat Tetsu--sang suami-- bermaksud menolong dengan meminjamkan sejumlah uang, dan ditolak mentah-mentah beberapa kali).

Tenang, terima saja ya para pria kalau wanitamu agak bawel, itu hanyalah bentuk kekhawatirannya saja. Dan ketika para pria menerimanya, itu akan membuat si wanita puas bahagia. Atau kalau risih, beritahu, yakinkan para wanitamu, bahwa kamu akan baik-baik saja dan tak akan lupa semua pesannya. Just it! Dijamin, wanitamu akan lebih merasa tenang dan tak bawel lagi. Hehe…. Ingat kan tadi? Wanita itu perlu diyakinkan, berulang kali. Begitu kata pakar relationship mah...

Wokeh, inilah lirik lagu Have you Ever Really Loved A Woman? Yang dipopulerkan Bryan Adams, bisa menjawab pertanyaannya Bryan Adams itu nggak para pria sejati?^^


To really love a woman
To understand her - you gotta know her deep inside
Hear every thought - see every dream
N' give her wings - if she wants to fly
Then when you find yourself lyin' helpless in her arms
You know you really love a woman

When you love a woman then tell her
that she's really wanted
When you love a woman then tell her that she's the one
'cause she needs somebody to tell her
that it's gonna last forever
So tell me have you ever really
- really really ever loved a woman?

To really love a woman
Let her hold you -
till you know how she needs to be touched
You've gotta breathe her - really taste her
Till you can feel her in your blood
N' when you can see your unborn children in her eyes
You know you really love a woman

When you love a woman
then tell her that she's really wanted
When you love a woman then tell her that she's the one
'cause she needs somebody to tell her
that you'll always be together
So tell me have you ever really -
really really ever loved a woman?

You got to give her some faith - hold her tight
A little tenderness - you gotta treat her right
She will be there for you, takin' good care of you
Ya really gotta love your woman...

Then when you find yourself lyin' helpless in her arms
You know you really love a woman
When you love a woman you tell her
that she's really wanted
When you love a woman you tell her that she's the one
she needs somebody to tell her
that it's gonna last forever
So tell me have you ever really
- really really ever loved a woman?

Just tell me have you ever really,
really, really, ever loved a woman? Just tell me have you ever really,
really, really, ever loved a woman?

aoi


0 komentar:

Posting Komentar