Minggu, 01 Januari 2012

Catatan Awal di Tahun yang Penuh Harap


Hari pertama di tahun 2012.

Ada catatan sederhana yang juga ingin ku goreskan.

Tempat tinggalku yang sekarang memang tempat yang cukup strategis untuk melihat kemeriahan kembang api. Sejak awal memasuki malam, beberapa kali terdengar suara kembang api ataupun mercon. Terus terang membuatku kaget beberapa kali. Hingga semakin mendekati pukul nol-nol Indonesia bagian barat, semakin ramai terdengar. Memang tidak sampai gaduh terdengar, tapi cukup ramai. Aku menikmatinya sekitar 20 menit melihat kemeriahan kembang api berganti-ganti menyala di kegelapan langit malam. Dari segala penjuru. Ada yang terasa sangat dekat, ada juga yang terdengar samar, tapi tetap saja nyalanya di langit terlihat meriah.

Sesaat aku menerawang, di satu sisi langit tampak meriah dengan warna-warni kembang api beraneka bentuk, di sisi lain suaranya mirip seperti bom yang dijatuhkan beberapa kali. Terbayang olehku bom-bom yang jatuh pada masa perang dahulu. Bagaimana kakek dan nenekku juga mendengar dentuman dan terangnya langit malam. Bedanya adalah, kita melihat langit dengan perasaan yang 'senang', suasana yang meriah, dan menikmatinya, sedangkan kakek dan nenek melihat langit dengan perasaan was-was, suasana mencekam, dan ingin kabur berlindung di dalam tanah. Ya, karena yang mereka lihat adalah nyala api di langit yang mengganas.

Berharap sangat kembang api yang menyala di dekat rumah sakit tak sampai mengganggu para penghuninya yang perlu istirahat, tetapi ikut menyalakan semangat penghuninya untuk segera sehat kembali.


Beberapa hari sebelum tanggal 1 Januari, aku mendengar ada beberapa istilah untuk merujuk pada hal yang sama, yaitu tahun baruan, tutup tahun, dan buka tahun. Tahun baruan sudah biasa ku dengar, tutup tahun juga lumayan, nah yang baru ku dengar adalah buka tahun. Istilah yang masih asing di telingaku.

Tutup tahun dapat kita maknai dengan kemauan untuk introspeksi diri kita masing-masing, dan buka tahun dapat kita maknai dengan kesiapan diri untuk menyambut masa baru dengan optimis dan penuh harap.

Semoga kemeriahan perayaan tahun baru masehi ini tak menguburkan semangat kita untuk menjadi sosok yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Aamiin.

(^_^)

aoi

2 komentar: