Senin, 04 Juli 2011

Karena Mencintai Bisa Mengobati Sakitnya Hati


Kali ini aku ke toko buku niatnya hanya untuk membeli dua buah buku titipan sobatku. Tidak lebih, dan tak akan tertarik untuk membeli yang lainnya, karena memang sedang tidak ada budget untuk itu. Tapi tetap tak bisa diam untuk tak mengambil buku yang satu ini. Dari segi tampilan sebenarnya tidak terlalu mencolok, agak kurang menarik malah. Tapi aku tergelitik saat membaca judulnya. Aku seakan diingatkan untuk kembali.

Di bagian sampul buku itu tertulis, "Karena Mencintai Bisa Mengobati Sakitnya Hati". Hmm… Apakah aku harus mengambil buku ini? Harganya di bawah 20.000 rupiah dan ada tambahan diskon 30%. Bukunya tipis, tak sampai seratus halaman, tepatnya 88 halaman. Awalnya sempat akan mengurungkan niat ketika tahu itu buku terjemahan. Aku memang kurang begitu menikmati buku-buku terjemahan selain buku non fiksi. Kalau penerjemahnya kurang lihai mengolahnya, jadi terasa aneh. Tapi kemudian ku beli juga buku itu, harapannya isinya semenarik judulnya.

Aku memang tak akan membahas isi bukunya, karena aku lebih tertarik membahas judul buku itu sendiri. Aku jadi teringat, katanya cinta itu bisa jadi obat. Dan aku pernah dengar juga pertanyaan seperti ini, "Lebih memilih mencintai atau dicintai?" Mencintai sebenarnya lebih memiliki kelebihan daripada dicintai (menurutku). Mencintai punya semangat untuk memberi tanpa pamrih. Dengan mencintai berarti kita mempunyai hati yang lembut, tidak kaku. Walaupun tak berbalas misalnya, tapi menurutku tak sesakit saat tak bisa membalas sebuah cinta ketika kita dicintai.

Tapi di satu sisi, dicintai juga punya kekuatan tersendiri. Dicintai berarti punya kesiapan untuk menerima dan dengan begitu secara tak langsung berarti juga memberi . Ya, memberi kebahagiaan kepada orang yang memberi cinta; karena cintanya diterima oleh orang yang dicintainya. Adakah kebahagiaan lain dari pemberi saat pemberiannya diterima? Dan mencintai tentu lebih sehat dan baik daripada membenci. Jadi, saat hati terasa sakit, obatnya adalah mencintai. Berikan saja cinta kepada orang-orang yang ingin kita beri. Seperti kata buku itu, karena mencintai bisa mengobati sakitnya hati. Jadi, siap mencintai orang-orang yang membuat kita sakit hati? ^_^

*300611

aoi

0 komentar:

Posting Komentar