Senin, 07 Januari 2013

Hirup Air Lewat Hidung: Hilangkan Kantuk

09:37 AM
Teman, eh teman, para pembaca artikel ini, dan semua orang yang membutuhkan solusi mengatasi rasa kantuk. Hehehe…. Pengen berbagi si sayahnya. Karena setelah dipraktekkan, sangat manjur dan semoga bisa bermanfaat buat sesama. ^^

Pagi ini, sebenarnya pengen lari pagi. Tapi bangun  agak telat dari jadwal harusnya bangun dan badan kok rasanya malah pegel-pegel. Mungkin karena malam sebelumnya sedikit massage-massage sendiri plus melakukan beberapa exercise (biar fresh maksud hati). Gara-gara teman di kamar sebelah kemarin siang dipijat, lebih tepatnya urut kaki, jadi terinspirasi. Xixixi… Pagi ini pengen lari juga buat mengundang hormon endorphine si pemilik rasa bahagia itu keluar. Hahaha… Udara segar bisa masuk memenuhi kebutuhan oksigen di otak. Sekalian cuci mata lihat tanaman yang ijo-ijo. 

Intinya, si sayah tidak jadi lari pagi karenanya. Tapi tetap menguatkan niat untuk segera beraktivitas sepagi mungkin. Sarapan dulu karena perut lapar sejak beberapa saat sebelum tidur semalam. Setelah aktivitas rutin pagi selesai, si sayah mulai menghadapi netbook lagi. Sebagai pemanasan, browsing berita ringan sembari mendengarkan siaran radio pagi. Lima belas menit berlalau, kok masih ngantuk ya??? Tidur sebentarkah??? Memang semalam tidur kurang dari 7 jam. (Akhir-akhir ini badan si sayah butuh tidur 7-8 jam biar bisa bangun sendiri dengan segar).

Okelah, tidur-tiduran sebentar. Dikasih waktu, 20 menit, ga terlelap juga. Bangun! Depan netbook lagi, nguap terus. Akhirnya si sayah browsing tentang cara menghilangkan kantuk dengan cepat. Dari beberapa tips yang ditemui, ada dua sumber yang menarik perhatian. Satunya berdasarkan hadist, dan satunya karena ada gambar icon yang lucu, apalagi kalau bukan si 'kelinci gelo'. Hahaha…

Biasanya, saat kantuk menyerang, dan harus tetap terjaga, si sayah lakukan exercise ringan sejenak, wudhu, dan ngerimbang mata. Tapi biasanya memang hanya bertahan sesaat. Tidak benar-benar 'ON'.

Nah berdasarkan salah satu hadist, setan-setan itu salah satu sarang favoritnya adalah di lubang hidung manusia. Jadi saat bangun pagi, dianjurkan untuk menghirup air dengan hidung dari telapak tangan langsung, ditahan beberapa detik, lalu dikeluarkan. Hmm…

Setelah dipraktekkan, alhamdulillah manjur. Langsung terasa efeknya saat itu juga. Dengan mengucap basmallah dan mengaharap pertolongnan Allah Swt. buat mengusir rasa kantuk yang disebabkan olah gangguan iblis, si sayah menghirup air itu dari kedua telapak tangan dengan perlahan. Subhanallah, agama-Mu, ya Rabb.

Hmmm… kalau dipikir-pikir, berwudhu itu kan memang harusnya menghirup airnya itu. Si sayah lupa, itu berguna juga untuk mendeteksi salah satu penyakit, tapi apa, lupa. Makanya itu, kalau wudhu, yang bener dong, Njar…. Selama ini sih seringnya, menghirup airnya agak setengah hati gitu dan tidak dari telapak tangan langsung. Watir keselek sebenarnya. Baiklah, ingat-ingat ya, Njar….

Nah, kalau menghilangkan kantuk dengan gambar-gambar icon lucu itu, dikutip dari artikelnya ibnismail. Sumber aslinya di sini. Dan yang di bawah ini edisi terjemahan dari sini. Sumpah, ngakak pas liat si 'kucing gelo' beraksi.

Gerakan-gerakan penghilang rasa kantuk.

    Langkah 1
    Seperti gerakan taichi, lakukan sebagai langkah awal pemanasan.

    Langkah 2
    Lakukan gerakan ini untuk melemaskan bahu dan leher


    Langkah 3
    Buat gerakan memutar dengan tangan

    Langkah 4
    Goyangkan badan ke kanan kemudian ke kiri.

    Langkah 5
    Goyangkan badan ke kiri lalu ke kanan


    Langkah 6
    Tepuk jidat dengan telapak tangan agak kencang untuk menghilangkan kantuk

    Langkah 7
    Buat gerakan mengayun seperti burung terbang atau menari

    Langkah 8
     Goyangkan badan seperti di gambar


    Langkah 9
    Lakukan gerakan atraktif, jangan pedulikan kata orang lain di sekitar kamu


    Langkah 10
    Ambil napas, ikuti langkah pada gambar seperti superhero siap terbang.


    Langkah 11
    Putar kepala secara perlahan

    Langkah 12
    Liat muka di cermin sambil goyang-goyang. Jangan lupa tertawa, minimal tersenyum…

    Langkah 13
    Terakhir, lakukan tarian seperti gambar atau lakukan kreasi sendiri misalnya joget gangnam style.



    Btw, dari mana si sayah menyimpulkan kalau kantuk yang menyerang tadi pagi itu gangguan setan? Karena dia menghalangi si sayah untuk melakukan hal yang baik. ^^


2 komentar:

  1. gyahahahaha... ngakak aku baca ini
    eh jeng apa kabar? lama tak bersua? skrg ngekos dimana?? pgn maen aku :D

    BalasHapus
  2. Iya, ngeliat kelakuan si 'kelinci gelo' itu bikin geleng2 kepala.
    Alahamdulillah, sehat. ^^
    Asyiiik... ada yang mau maen...
    Tanya aja ma teh Anggun ato MiNyun yang pernah maen. Ga jauh dari pasar simpang kok.
    Btw, kirain udah di Depok, Jeng :D

    BalasHapus