Rabu, 20 April 2011

Aku Benci Lagu Itu!

100310

Terinspirasi dari pengalaman seorang kawan

"Ah! Aku benci lagu ini!"
Spontan suatu pagi aku berteriak begitu mendengar suatu lagu.
"Betul mbak! Nggak bagus ni buat kesehatan jiwa", sahut adik kosanku.
Tentu setelah itu kumatikan seketika winamp yang sedang berdendang. Lalu langsung klik remove.
Beberapa menit sebelumnya aku memang baru men-delete lagu-lagu yang semalam dimasukkan temanku di winamp. Kenapa di-delete ? Karena lagu-lagu sedih semua; dan yang terparah aura negatifnya memang lagu 'yang kubenci tadi'. Saat ternyata masih tersisa satu, dan ternyata yang 'terparah', benar-benar surprise.

Sungguh nggak ada bagusnya mendengarkan lagu itu (menurutku). Pertama, liriknya mencerminkan kesedihan yang bernuansa putus asa, Kedua, entah kenapa begitu musiknya terdengar, aura negatif langsung terasa. Bukannya aku sedang sensi atau alergi lagu sedih, bukan. Memang terkadang ada saat-saat kita sedang ingin menikmati suasana melankolis, sah-sah saja. Okelah, liriknya mencerminkan kesedihan, tapi alangkah bagusnya jika bisa membuat kita merenung, atau bernuansa penyesalan tapi terasa juga optimisnya. Bukan sedih putus asa yang seakan terus menarik kita ke dalam jurang kekelaman. Sungguh tidak sehat!

Jadi saat kawanku itu sudah mulai bisa bangkit dari kungkungan kemuraman itu, kukatakan padanya, "Jangan kau dengarkan lagi lagu yang nggak bagus buat jiwa ni ya!"
"Siap, bu!", sahutnya mantap.

*keep smiling

                                                                                     aoi

0 komentar:

Posting Komentar